Jumat, 27 November 2015

RENUNGAN JUM'AT PAGI

SERIBU CERMIN


Ada sebuah kisah, seekor anjing yang selalu bermuka masam memasuki sebuah rumah. Ia tidak tahu bahwa rumah tersebut pada dinding maupun plafon nya dilapisi cermin.
Begitu terkejutnya ia melihat disekelilingnya ribuan anjing yang bermuka masam sedang menatapnya...Mukanya pun geram....dan dilihatnya pula ribuan ekspresi geram dilihatnya. Karena kesal, mulailah ia menyalak. Eh..bukan nya takut, ribuan anjing itupun ikut menyalak, yang tak lain adalah cermin dari ekspresi dirinya ...Maka ia pun lari keluar ketakutan sambil bergumam dalam hatinya, "Rumah ini MENGERIKAN.."
Esoknya, se ekor anjing yg ceria tidak sengaja masuk ke rumah tersebut. Setelah masuk, Ia sangat senang melihat betapa banyak teman yang tersenyum padanya. Mulailah ia melompat, berguling dan menari....Dilihatnya pula ribuan anjing ikut melompat berguling dan menari bersamanya... Ia tidak sadar bahwa itu adalah cermin dari kecerian nya sendiri...Ia bergumam, "Wow..., rumah ini INDAH SEKALI.."
Kehidupan laksana cermin, apabila pikiran kita negatif, muka masam, mengeluh pada keadaan, cemberut, marah, suka komplain apalagi menyalak menyebarkan keburukan orang lain, maka kita akan melihat dengan persangkaan buruk kita, bhw di sekeliling kita ribuan orang sedang dalam perasaan yang sama, bahkan membenci kita dan kita sedang merasa dalam ancaman.
Sebaliknya, apabila kita berfikir positif, tersenyum, berbuat kebajikan, bersyukur, maka kita akan melihat betapa banyak orang yang baik di sekitar kita, betapa indah sekeliling kita, betapa banyak nikmat Allah SWT yang diberikan pada kehidupan kita.
1000 pikiran positif, 1000 senyuman dan 1000 kebaikan, akan berbalik memantul laksana ribuan cermin yang mengekspresikan keindahan yang betul betul luar biasa...yang tidak lain adalah keindahan hidup kita sendiri.....
Terlebih lagi, apabila hal tersebut dilandasi oleh iman dan taqwa, insya Allah...keindahan yang kita nikmati bukan hanya di dunia, tetapi juga kelak di akhirat.... Seperti Allah SWT mengajarkan kita dalam Al Qur'an,
فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ ﴿٧
"Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,"
وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ ﴿٨
"dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya."
(Q.S.99: 7-8)
Semoga bermanfaat buat saudara saudaraku di blog ini, dan selamat menunaikan ibadah Sholat Jum'at.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Ir. K. AHSANI TAQWIMY BAHAUDIN, MBA
27 November 2015

0 komentar: